erlinahappyplay.com

Tiga Langkah Menyikapi Perubahan Hidup

Perubahan hidup tidak bisa kita elakkan, entah bakal berdampak positif atau negatif bagi diri sendiri. Mungkin Anda pernah atau sedang mengalami perubahan di dalam kehidupan, seperti perubahan pekerjaan yang menuntu Anda keluar dari zona nyaman. Atau, perubahan berupa harus pindah ke luar kota atau ke luar negeri. Alih-alih takut terhadap perubahan, sebaiknya Anda merangkul perubahan itu dan menerima dengan membuatnya lebih baik supaya ke depannya Anda mendapatkan dampak positif.

erlinahappyplay.com

Segala sesuatu akan selalu bekerja sendiri pada akhirnya ditentukan dari berapa kuat mental Anda menerima perubahan tersebut. Jika Anda ingin bersikap baik dalam menerima perubahan, perhatikannya ulasan di bawah ini.

  • Menyesuaikan Pikiran

Anda bisa membayangkan bahwa sedang menghadapi perubahan yang sepintas mirip dengan memanggang roti. Prosesnya tidak terjadi sekejap mata. Perubahan memerlukan waktu supaya bisa Anda terima secara bertahap. Poin pertama yang harus Anda lakukan dalam menyikapi perubahan adalah menyesuaikan pikiran terhadap perubahan tersebut. Silakan memilih untuk memberi arti positif akan perubahan di hidup Anda, menerima dan menemukan cara positif supaya bisa mengatasi kesulitan yang akan Anda hadapi nanti.

  • Fleksibel dan Terbuka

Mengubah pikiran dan sikap tentang masalah maka diperlukan keterbukaan. Ketika Anda mendekati perubahan, sebaiknya Anda sudah mempersiapkan diri. Tetap tenang dan berpikirlah terbuka. Jangan sampai menarih terlalu banyak cita-cita atau ekspetasi dan silakan menghilangkan kebiasaan lama yang membuat Anda tidak produktif. Selama Anda terbuka menerima perubahan, maka Anda bisa mendapatkan hidup yang lebih baik ke depannya.

  • Kendalikan Hidup

Di setiap kehidupan semua orang, perubahan pasti akan muncul. Nah, Anda bisa membuat daftar hal-hal yang mungkin akan terjadi kepada Anda dan silakan untuk mencari tahu solusi. Misalnya saja, tanyakan kepada diri Anda sendiri bahwa kalau ada sesuatu yang terjadi, bagaimana reaksi yang Anda munculkan. Kemudian, bagaimana perasaan dan pikiran dan pilihan apa yang bisa Anda gunakan untuk memecahkan masalah tersebut. Jika sudah, maka atur waktu untuk bercermin: mana yang lebih baik dipikirkan dan mana yang tidak.

Mengaplikasikan tiga poin di atas mungkin tidak bisa dalam waktu singkat. Paling tidak, dengan tiga poin di atas Anda sudah bersiap dengan perubahan yang bisa terjadi kapan saja.