Dealer Mobil Honda

Resiko Abaikan Kondisi Oli Mesin

Banyak pengguna mobil saat ini sudah menyadari pentingnya melakukan pemeriksaan dan perawatan rutin terhadap unit yang mereka gunakan. Sayangnya, anjuran dari dealer mobil Honda ini masih saja sering diabaikan oleh para pemilik lantaran alasan sibuk dan lain sebagainya. Padahal logikanya, servis rutin ini tak hanya memperpanjang usia pakai mobil namun juga memiliki banyak manfaat lain.

Dealer Mobil Honda

Akibat dari Volume Oli Mesin yang Tak Terpantau

Bagian penting dalam perawatan rutin ini salah satunya adalah pergantian pelumas mesin. Dengan alasan dianggap kurang penting, malas servis, hingga mobil jarang dipakai jarak jauh, ada banyak pemilik yang memilih sekedar menambah ketinggian oli untuk perawatan mesin.

Ternyata cara ini tidak dianjurkan dan justru berpotensi memicu kerusakan pada mesin. Hal ini mengingat pemilik tidak memiliki nilai pasti terkait sisa oli yang ada di dalam mesin. Berbekal perkiraan, mungkin saja pemilik terlalu banyak atau terlalu sedikit menambahkan dari takaran yang bisa diberikan.

Menambah oli yang tak sesuai takaran ini memiliki resiko masing-masing meskipun dianggap sebagai masalah sepele.  Menambah oli yang terlalu banyak, akan membuat kinerja mesin semakin berat hingga membuat performa mesin menurun. Hal ini juga terasa pada tarikan putaran atas yang masih saja terasa berat walau pedal gas sudah diinjak keras.

Oli pelumas yang terlalu banyak di dalam ruang mesin akan menghasilkan gelembung udara. Adanya gelembung ini membuat kemampuan oli melumasi mesin menjadi berkurang sekaligus memperberat kinerja pompa oli mendistribusikan pelumasan. Alhasil, mesin yang terus dipaksa ini membuat bahan bakar semakin boros. Tentu ini kebalika dari harapan Anda membeli mobil baru, bukan?

Sebaliknya, kekurangan oli mesin membuat dapur pacu lebih cepat panas sebab salah satu manfaat dari adanya oli adalah untuk mengalirkan panas dari mesin untuk diserap oleh cairan pendingin radiator. Dengan demikian, kemampuan oli untuk melumasi metal yang terus bergerak dalam mesin pun akan semakin berkurang.

Bisa dikatakan kekurangan oli ini lebih fatal, sebab suara mesin menjadi sangat kasar sebab terjadi gesekan lebih keras tanpa pelumasan optimal. Akibatnya, berbagai komponen dalam mesin menjadi mudah rusak sebab terjadi aus oleh gesekan antara material yang tak terlumasi.

Dengan demikian, sebaiknya para pemilik mobil lebih memperhatikan kondisi oli mesin mereka sesuai anjuran dari dealer mobil Honda maupun bengkel resmi. Mengingat resiko yang dibawa tidak main-main.