Perlu Pahami Apa Itu Pajak Penghasilan Rumah Bekas

Posted on

Perlu Pahami Apa Itu Pajak Penghasilan Rumah Bekas

Smconsult – Pajak dari penjualan rumah bekas serta kebutuhan lainnya wajib kita pahami dengan sebaik mungkin, terutama melihat potensi dari rumah bekas yang tidak kalah bagusnya dengan rumah baru. Sekarang ini menjual rumah bekas tidak pernah sepi akan peminat, selain harganya yang jauh lebih murah, lokasinya pun yang strategis menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang memilih untuk membeli rumah bekas dibandingkan dengan rumah baru.

Bicara soal biayanya, perlu diperhatikan dengan baik jika saat membeli rumah bekas bukan harga rumahnya saja yang harus Anda perhatikan akan tetapi Anda pun perlu memerhatikan dengan baik biaya tambahan pajak dari penjualan rumah yang wajib Anda lunasi.

Biaya Untuk Pengecekan Sertifikat

Sekarang ini membeli rumah bekas bukan hal yang aneh namun sebelum melakukan hal tersebut, Anda harus memeriksa dengan baik sertifikatnya terlebih dahulu supaya tidak ada masalah legalisasi di kemudian hari. Proses ini lazimnya dilakukan sebelum dilaksanakannya transaksi jual beli rumah.

Melakukan proses pemeriksaan tersebut tidak sulit, cukup dengan Anda menyerahkan sertifikat asli serta memfotokopi ke BPN setempat. Biaya administrasi sebesar Rp. 50 ribu.

Biaya AJB

Biasanya Pejabat Pembuat Akta Tanah adalah pihak yang memiliki peranan sangat penting dalam hal jual beli rumah tidak terkecuali rumah bekas. PPAT yang nantinya akan mengeluarkan akta jual beli untuk rumah bekas yang ingin Anda beli. Biaya untuk PPAT  umumnya sekitar 1% dari total nilai transaksi. Dengan demikian, besaran biaya ini masih bisa dinegosiasikan.

Pembayaran jasa dari PPAT ini dapat dibagi jadi dua di antara Anda sebagai pihak pembeli dan pihak lainnya yaitu pihak penjual dapat juga dibayarkan oleh salah satu pihaknya saja itu tergantung dari perjanjian.

Biaya Balik Nama

Pasca mempunyai tanah dan rumah bekas proses kepemilikan belum usai, Anda masih harus mengurus proses pembalikan nama sertifikat. Proses ini akan dilakukan PPAT yang telah Anda tunjuk serta dilaksanakan di salah satu Kantor BPN terdekat di wilayah tempat tinggal Anda. Biaya untuk balik nama itu sekitar Rp. 25 ribu/sertifikat

PPh Rumah Bekas

Sebenarnya masih ada lagi biaya akta PJB, pajak penjualan rumah serta pajak penghasilan , di mana PPh ini dibebankan pada penjual rumah sebesar 2,5% dari total transaksi yang telah dilakukan. dan juga Bea perolahan Hak Atas Tanah dan Bangunan.