Perawatan Mobil Diesel Sesudah Mudik, Yuk Cek

Posted on

Brio Bontang – Perawatan Mobil Diesel, Musim mudik 2018 telah berlalu. Jika kemarin Anda pulang ke kampung halaman dengan pakai mobil pribadi, maka jangan lupakan soal perawatannya. Meski telah tiba di rumah bukan artinya Anda boleh mengabaikan situasi mobil. Kendaraan selalu perlu perhatian, terutama setelah dipakai berkendara jarak jauh.

Perawatan juga berlaku untuk mobil bermesin diesel. Memang mobil diesel saat ini masih jadi pilihan banyak orang untuk menempuh perjalanan jauh. Sebab mobil ini dinilai mempunyai mengonsumsi bahan bakar yang tergolong irit. Di samping itu mobil diesel mempunyai tenaga yang unggul dan juga durabilitas yang lebih baik dibanding mobil bermesin bensin.

Kendati begitu setelah mudik dengan mobil diesel tersedia lebih dari satu hal yang patut untuk diperhatikan. David, pemilik bengkel menjelaskan kualitas bahan bakar solar di sejumlah daerah cenderung lebih rendah dibandingkan di kota besar.

Tidak cuma kualitasnya saja, solar dengan kualitas tinggi dan rendah sulfur umumnya tidak tersedia di daerah-daerah. Maka berasal dari itu dikala telah tiba di rumah yang jadi keliru satu perhatian adalah filter solar mobil. David merekomendasikan untuk mengganti komponen ini dengan yang baru.

Penggantian ini wajib dijalankan untuk mencegah penumpukan sulfur. “Ada baiknya kecuali filter solar diganti untuk mencegah penumpukan sulfur. Jika penumpukan sulfur terjadi, tentu saja sanggup mengakibatkan kerusakan peranti lainnya layaknya nozzle dan injector pump,” jelasnya, mengutip berasal dari laman Otodriver.

Apabila tidak langsung mengganti filter solar, maka sanggup berdampak tidak baik terhadap situasi mobil. Performa kendaraan sanggup menurun, layaknya akselerasi yang cenderung lamban.

Selain itu jangan lupa memeriksa situasi oli mobil diesel Anda. Caranya sanggup dengan memeriksa dipstick dan memperhatikan apakah oli dalam situasi penuh. Cek pula apakah tersedia rembesan basah gara-gara oli atau tidak.

Komponen lain yang juga membutuhkan pengecekan adalah kaki-kaki, layaknya suspensi atau shockbreaker. Anda sanggup memeriksanya dengan meraba anggota tabung. Jika terdapat rembesan oli sanggup jadi suspensi mengalami kerusakan.

Ban dan rem juga tidak boleh luput berasal dari perhatian. Cek tekanan ban dan pastikan dalam situasi ideal. Selain itu juga periksa kembangan atau Tread Wear Indicator (TWI) berwujud segitiga untuk menyaksikan tingkat keausan ban. Lalu untuk pengereman periksa ketebalan kampas rem setelah mudik.

Pekerjaan selanjutnya adalah bersihkan kabin mobil. Sebab selama perjalanan tersedia banyak kegiatan yang dijalankan di dalam mobil. Misalkan makan atau minum.