Penyebab Mesin Genset Mengalami Overheat

Posted on

Penyebab Mesin Genset Mengalami Overheat

Jual Genset – Tiap mesin terutama mesin genset diesel akan mengalami panas saat beroperasi, itu merupakan hal yang biasa terjadi, akan tetapi akan menjadi hal yang sangat membahayakan bila suhu panasnya terlalu berlebihan atau biasa disebut sebagai overheat. Apa saja sih hal yang menjadi penyebab mesin genset mengalami overheat, berikut ini penjelasan singkatnya;

Air Radiator Habis Atau Kering

Tiap pemilik dari mesin genset ada baiknya selalu melaksanakan tindakan pemeriksaan secara teratur terhadap air radiatornya, melihat apakah air sudah berkurang, atau justru kering kerontang, jangan sampai hal itu terjadi, Anda harus segera melakukan pengecekan rutin dan berkala pada air radiator dari mesin genset yang dimiliki, bila volume air telah berkurang, maka tambah air dengan menggunakan air yang bersih.

Minyak Pelumas yang Habis

Selain air radiator ada banyaknya jika pengguna juga melakukan pengecekan secara berkala pada kondisi minyak pelumas di mesin genset. Bagi yang belum tahu, minyak ini bermanfaat untuk membantu mencegah dan mengurangi mesin aus yang diakibatkan oleh gesekan terus menerus yang berlangsung di antara permukaan logam.

Putus Tali Kipas

Tali kipas yang terpasang untuk membantu menghubungkan di antara putaran mesin dan kipas radiator. Bila sampai terputus, maka bisa dipastikan bila kipas radiator tidak bisa berputar dengan baik, sehingga tidak akan ada angin yang bisa mendorong panasnya keluar melalui radiator mesin. Jadi, tali kipas ini wajib dijaga supaya tidak sampai terputus.

Tutup Radiator yang Cacat

Mungkin ini terkesan terlalu sepele untuk sejumlah orang, namun menutup radiator termasuk pada bagian yang sangat penting, mengapa demikian? Karena jika tutup radiatornya bermasalah maka tekanan udara yang terdapat di bagian dalam radiator akan mengalami kekurangan sedikit demi sedikit dikarenakan udara bocor keluar. Jika tutup radiator cacat, bahkan rusak maka bisa menurunkan titik didih pada air radiator sehingga akan menguap lebih cepat dan tidak bisa mendinginkan mesin genset dengan baik seperti seharusnya.

Radiator Tersumbat Atau Berkerak

Sumbatan pada bagian pipa kapiler radiator bisa mengakibatkan air radiator tidak bisa mengalir lancar. Selain itu, kerak di radiator secara langsung akan menghalangi kontak air dengan bagian kisi radiator dan bagian permukaannya jadi panas yang ada tidak bisa dibuang dengan baik.