MEMAHAMI DAN BELAJAR BAHASA THAILAND UNTUK JALAN-JALAN

Posted on

Paket Tour Thailand Murah – Saat menghendaki mendatangi sebuah daerah wisata, tentu saja kamu menghendaki paham sedikit banyak berkenaan daerah tersebut. Nah, jika menghendaki berwisata ke Thailand tentu saja kamu pun menghendaki mencari informasi sebanyak-banyaknya berkenaan Thailand juga seputar Bahasa Thailand. Paling tidak setibanya di Thailand, sapaan-sapaan sederhana bisa dimengerti dan kamu pun bisa membalasnya.

Kosakata Sederhana Dalam Bahasa Thailand untuk Jalan-jalan
Bahasa Thailand atau Phasa Thai adalah bahasa resmi yang dipakai di Thailand. Dalam Bahasa Thailand, Phasa Thai punyai makna bahasa rakyat Thailand. Tak hanya dituturkan di Thailand saja, bahasa ini juga dipakai di sejumlah lokasi seperti di Malaysia utara, Myanmar selatan, Kamboja dan Laos. Bahasa Thai terbilang lumayan rumit dengan perpaduan suara dan pengucapannya yang unik. Karena itu pula, bagi orang-orang barat lumayan sukar mempelajari bahasa yang satu ini.

Bahasa Thai merupakan bahasa nada. Jadi, langkah kamu mengucapkan sebuah kata dapat mempengaruhi artinya. Dengan kata lain, sebuah kata yang diucapkan dengan suara rendah punyai makna yang tidak serupa jika diucapkan dengan suara suara lebih rendah atau suara tinggi. Tetapi jangan sampai kamu mulai was-was untuk belajar Bahasa Thai sebab hal itu. Pada kenyataannya, jarang sekali timbul kesalahpahaman akibat kesalahan suara saat pengucapan.

Dalam Bahasa Thai, terdapat 5 suara yang digunakan yakni:
• Nada tengah: dalam penulisannya tidak diberi isyarat apapun
• Nada rendah: ditandai dengan `
• Nada tinggi: ditandai dengan ‘
• Nada naik: ditandai dengan ᵛ
• Nada turun: ditandai dengan ^

Untuk buat persiapan diri mampir ke Thailand, berikut ini sapaan-sapaan sederhana yang bisa kamu pelajari.

• Ucapan salam
Sawaddi Kab atau Sawaddi Kha, ucapan ini merupakan ucapan salam yang disampaikan disaat bertemu orang lain dan tidak terkait pada waktu. Ucapan ini bisa punya kandungan makna selamat pagi, selamat siang,selamat sore atau selamat malam. Kab Sawaddi diucapkan laki-laki dan Sawaddi Kha untuk perempuan.

• Ucapan terima kasih
Khob Khun Kab atau Khob Khun Kha, bermakna terima Kasih. Khob Khun Kab diucapkan laki-laki dan Khob Khun Kha untuk perempuan.

• Sebutan yang sopan
Khun, sebutan yang ditambahkan di depan nama seseorang untuk kesopanan. Misalnya Khun Preechaya. Gunakan Khun di depan nama orang yang hendak kamu panggil sebagai langkah yang lebih hormat untuk memanggil seseorang. Khun juga merupakan kata paling lazim yang bermakna “Anda”.

• Nama-nama hari
Wan Chant, bermakna Hari Senin
Wan Angkhaan, bermakna Hari Selasa
Wan phut, bermakna Hari Rabu
Wan Pha’ re’hat, bermakna Hari Kamis
Wan suk, bermakna Hari Jumat
Wan Sao, bermakna Hari Sabtu
Wan Arthit, bermakna Hari Minggu

• Menyatakan waktu
Ton cháo, bermakna pagi hari
Ton bài, bermakna sore hari
Ton yen, bermakna malam hari
Ton glang wan, bermakna siang hari
Ton glang keun, bermakna larut malam
Wan nîì, bermakna hari ini
Prhung nîì, bermakna besok
Mêu-a wâhn nîì, bermakna kemarin

Tanya Jawab Sederhana Bahasa Thailand untuk Jalan-jalan
Beberapa kosakata berikut pasti dapat membantu kamu saat berwisata ke Thailand. Selanjutnya pelajari juga lebih dari satu pembicaraan sederhana yang nantinya berguna saat berinteraksi dengan masyarakat Thailand yang kamu temui.
Menanyakan Letak Hotel
Wisatawan: Kǒr-tǒht kráp rong raem Re-gent Yùu tîi-năi?
Artinya, Permisi. Di mana Regent Hotel?
Orang Thai: Rong raem Re-gent rii yen Iě? Yùu tîi-nóhn.
Artinya, Regent Hotel? Itu ada di sana.
Wisatawan: Glai mái kráp?
Artinya, apakah jauh?
Orang Thai: Mâi glai kráp.
Artinya, tidak jauh.
Wisatawan: Kòrp-khun mâhk kráp.
Artinya, terima kasih banyak.
Orang Thai: Mâi pen raì.
Artinya, sama-sama.
Menanyakan Letak Toilet
Wisatawan: Kǒr-tôht kráp hông náhm yùu tîi-năi?
Artinya, permisi. Dimanakah toilet?
Orang Thai: Yùu tîi-nóhn kâ hông náhm pû-châi yùu tahng kwăh hông náhm pû-yĭng yùu tahng sái.
Artinya, ada di sana. Yang laki-laki ada di sebelah kanan, yang perempuan ada di sebelah kiri.
Wisatawan: Kòrp-khun mâhk kráp.
Artinya, terima kasih banyak.
Orang Thai: Mâi pen raì.
Artinya, sama-sama.
Menanyakan Harga
Ma-mûu-ang bai la tâo-rài?
Artinya, berapa harga mangga satu buah?
Bai la sip-ha bàht.
Artinya 15 baht satu buah.
Sùp-pa-rót bai la tâo-rài?
Artinya, berapa harga nanas satu buah?
Bai la yîi-sip-ha bàht.
Artinya, 25 baht satu buah.

Selain membekali diri dengan Bahasa Thai yang sederhana, kamu juga perlu paham sopan santun di negeri Thailand. Misalnya saja saat diundang oleh seorang Thailand ke rumahnya, sebaiknya lepaskan sepatu sebelum akan masuk ke dalam rumah. Biasanya kamu dapat melihat deretan sepatu di depan rumah. Di deretan itulah kamu bisa menempatkan sepatumu.

Setelah masuk ke dalam rumah, tuan rumah dapat menyambutmu dengan salam dan hormat dengan menyatukan ke dua telapak tangan di depan wajah, lebih kurang setinggi dagu seperti posisi orang yang tengah berdoa. Salam dan penghormatan ini perlu kamu balas dengan langkah yang mirip tetapi dengan ketinggian tangan yang lebih tinggi. Ketinggian tangan perlihatkan rasa hormat yang kamu sampaikan. Kepada orang yang lebih tua, sebaiknya angkat tangan sampai setinggi dahi. Cara lainnya adalah dengan menundukkan kepala lebih rendah saat berbicara dengan orang yang lebih tua.

Nah, dengan paham dan belajar Bahasa Thailand serta paham berkenaan langkah bersopan santun di negara Thailand, perjalanan kamu ke negeri gajah putih tentu saja dapat lebih nyaman. Kamu pun bisa berinteraksi dengan masyarakat lokal dan bisa tingkatkan kemampuanmu dalam berbahasa Thailand.