Keunggulan Pipa HDPE Dalam Instalasi

Posted on

a. Memiliki Perawatan Yang Sangat Mudah

Pipa HDPE yang diciptakan dari bahan (material) POLYETHYLENE bisa menekan ongkos produksi dan pipa HDPE ini paling efektif dipakai sebagai penyelesaian masalah perpipaan di kota, industri, Maritim, Pertambangan, Tempat Pembuangan Sampah, irigasi dan pertanian.

 

b.Penggunaan Pipa HDPE

telah diuji dan terbukti efektif untuk ditaruh diatas tanah, dikubur, dipasang pada gedung maupun dipergunakan dilaut. Pipa HDPE (high density polyethylene) dapat menyalurkan air, lumpur, cairan kimia, limbah riskan dan gas bertekanan rendah.

 

c. Faktanya,Pipa HDPE polypipe ini sudah semenjak lama dipergunakan pada industri pertambangan, gas serta industri lainnya.Biaya perawatan polypipe paling rendah dikomparasikan pemakaian pipa bertekanan lainnya, khususnya untuk penyaluran gas diperumahan.

 

d. Pipa HDPE Diameter Besar

Yang dimaksud dengan pipa HDPE diameter besar ialah pipa HDPE yang mempunyai OD (outside diameter) mulai dari 630mm (24inch) keatas. Jadi didalamnya ialah ukuran diameter luar (OD) 710mm, 800mm, 900mm, 1000mm, 1200mm, 1400mm, 1600mm. Ukuran maksimum OD pipa di Indonesia ialah 1600mm atau 64inch.

Pipa HDPE ukuran besar itu pada lazimnya mempunyai PN mulai dari PN 10, PN 8, PN 6.3 dan PN 4. Hal ini dapat dimaklumi sebab semakin besar diameter pipa maka ketebalan bakal semakin tebal pula. Sebagai misal untuk pipa HDPE OD 1000mm dengan PN 8 bakal mempunyai ketebalan menjangkau 47,7mm.

 

 

 

 

  1. Pipa HDPE Memiliki Life Time Lebih Dari 50 Tahun

 

 

Pipa HDPE atau Wavin Black tercipta dari material thermoplastic High Density Polythylene ( HDPE ), yang mempunyai tingkat kerekatan ( Rapid Crack Propagation ) yang rendah serta adalahisolator yang baik sampai-sampai mempunyai life time lebih dari 50 tahun.

 

System ini dirancang untuk penyaluran air, serta keperluan industri pertambangan, perkebunan, pertanian dengan Standard Kualitas ISO 4277 – 1996 : Polyethylene ( PE ) Pipes for Water Supply, SNI 06 – 4829 – 2005 : Pipa Polietilene guna Air Minum. System penyambungan Pipa HDPE ialah menggunakan heat fusion dengan memakai alat pemanas ( Welding Machine ).

 

Dengan system penyambungan ini, hasil penyambungan menjadi bersenyawa sampai-sampai terjamin kekuatannya ( sama dengan kekuatan pipa ), anti kebocoran dan bebas perawatan.

 

ipa Wavin Black / Pipa Pe / Pipa Hdpe

Bahan – PE (Polyethylene).

 

Keunggulan – Materialnya mempunyai tingkat keretakan yang rendah, daya tahan impact yang tinggi, elastisitas yang tinggi, life time lebih dari 50 tahun.

 

Aplikasi – Sesuai guna air minum bertekanan.

 

Bentuk – Batangan dan gulungan (coil).

 

Sistem penyambungan – Fusion Welded Joints (Butt Fusion dan Electrofusion) dan Mechanical Compression Joints.