bahaya Jika Pelajar sering membawa beban tas berat

Posted on

Penting, Ini 9 Bahayanya jika Sering Membawa Tas Berat Menurut Ahlinya

Apakah anda termasuk di antara orang yang sering membawa tas berat? Seharusnya anda sudah tahu bila hal ini berbahaya untuk kesehatanmu. Sebuah riset tahun 2013 dalam Journal of Applied Physiology mengungkapkan bahwa membawa tas berat secara terus-menerus dapat mengakibatkan kehancuran saraf, otot, sampai tulang.

Dampaknya, anda akan merasa terganggu aktivitasnya. Gerakmu jadi terganggu dan merasa sakit saat mengerjakan sesuatu. Lebih jelas lagi, inilah 9 bahaya yang bakal terjadi andai kamu sering membawa tas berat!
1. Muncul masalah nyeri sendi (Arthritis)

Prof. Dr. Charles Y. Kim, Ph.D, dokter spesialis rehabilitasi muskuloskeletal dan radiologi, menuliskan masalah arthtitis bersangkutan langsung dengan kelaziman gaya hidup seseorang. Seringnya membawa beban berat di lokasi punggung dan pundak ialah salah satunya. Ini dapat memunculkan masalah peradangan sendi yang lumayan serius.
2. Sakit kepala

Baca juga: Kerupuk Slondok Megelang

toko krupuk mentah banjarnegara

Beban yang menimpa bahu atau punggung akan mengurangi otot dan memberi efek berkelanjutan. Ketika otot-otot di dekat bahu tertekan dan leher merasakan kejang, bakal timbul sakit kepala atau pusing.
3. Stres

Stres ialah dampak buruk dari membawa tas berat yang jarang disadari. Beban berat yang dibawa masing-masing hari akan memunculkan tekanan pada otot-otot tulang belakang sebab mereka mesti menyeimbangkan berat badan ketika membawanya. Jika proporsinya tidak seimbang, tubuh merasakan asimetris pada unsur tulang belakang dan menyebabkan stres.