Arsitek Memanfaatkan Bawah Atap

Posted on

Kepada Arsitek, Rumah saya memiliki atap yang miring dan cukup tinggi. Jika plafon datarnya dibongkar, masih tersedia ruang yang cukup untuk dibuat ruang tambahan. Apa yang harus saya pertimbangkan jika ingin memanfaatkannya? Lani, Bandung.

Dear Ibu Lani, Apabila Ibu ingin membuat ruang tambahan bisa difungsikan untuk mezzanine terbuka atau ruangan tertutup untuk ruang duduk, ruang baca, dan ruang kerja. Pertama, konsultasikan dengan arsitek untuk desain ruangan dan ahli struktur untuk tambahannya. Karena ruang di atas akan membebani struktur eksisting.

Genset Perkins untuk rumah tangga

Untuk membantu menjaga kenyaman di rumah dibutuhkan genset sebagai sumber energi listrik apabila listrik dari saluran PLN sedang padam. Merk genset terbaik saat ini adalah genset Perkins. Harga genset Perkins cukup murah dan terjangkau serta memiliki mesin yang berkualitas. Disamping itu kapsitas genset Perkins juga tersedia beraneka ragam untuk rumah tangga sampai industri.

Ini harus dicek ahli struktur apakah struktur lamanya akan kuat menahan tambahan beban baru ataukah perlu perkuatan tambahan pada kolom/tiang struktur maupun pondasinya, serta bagaimana sambungan antar Jika ada pertanyaan yang ingin Anda tanyakan seputar arsitektur elemen rumah, kirim pertanyaan ke rubrik Tanya Arsitek. struktur lama dan struktur baru.

Kedua, Anda perlu menambahkan insulasi panas di lapisan bawah genteng, seperti glasswool, rockwool atau yang sering digunakan alumunium foil air buble sebagai penahan panas. Ketiga, selain insulasi panas, atap perlu cahaya tambahan agar nyaman. Buatlah skylight berupa jendela di sisi kemiringan atap. Sebaiknya yang bisa dibuka agar udara mengalir masuk.

Namun jendelanya tidak membuka terlalu banyak untuk mencegah debu masuk, atau benda lain seperti dedaunan kering dan batu-batu kecil yang jatuh dari atap. Skylight sebaiknya mengunakan bahan yang tahan cuaca seperti alumunium dan memiliki sealant agar bisa tertutup rapat. Semoga membantu!