8 Tips Untuk Slide Presentasi PowerPoint yang Memukau

Posted on

Dalam sebuah presentasi, keberadaan slide adalah amat penting. Memang, slide sekedar pendukung. Kekuatan presentasi yang memang ada pada kekuatan si presenter untuk dapat berkomunikasi dengan audiensnya. Bagaimana dia produksi pesan dan menyampaikannya kepada para audiens adalah yang utama.

Tapi, tidak dapat dipungkiri bahwa slide penunjang materi presentasi terhitung dapat memilih efektif atau tidaknya sebuah presentasi. Slide yang bagus dapat makin sebabkan materi presentasi makin dimengerti.

Slide presentasi terhitung dapat menunjang supaya para audiens tetap fokus memperhatikan pemaparan materi presentasi. Slide presentasi yang baik dapat menunjang supaya audiens tidak gampang bosan, lebih-lebih ketika materi yang disampaikan kemungkinan tidak amat menarik minat mereka.
Untuk sebabkan slide presentasi yang memukau, dibutuhkan keterampilan dan kreativitas berasal dari si presenter. Ada 8 tips yang layak dicoba, untuk sebabkan slide presentasi yang memukau itu, seperti:

1. Berani Tampil Beda

Sesuatu yang tidak sama umumnya dapat lebih menarik perhatian orang lain. Demikian terhitung dengan slide presentasi. Slide presentasi yang unik, yang lain daripada yang lain dapat sebabkan audiens lebih tertarik untuk memperhatikan presentasi tersebut.

Jadi, ketika menyiapkan slide presentasi, usahakan supaya slide itu tidak standar, alias berani tampil beda. Sebab, slide presentasi yang standar itu biasanya:
• Tidak menarik
• Terlalu banyak tulisan
• Membosankan

Maka, buatlah slide presentasi dengan template yang tidak sama berasal dari biasanya. Sekarang telah amat banyak slide presentasi yang disediakan, baik yang gratis maupun yang berbayar. Tidak ada salahnya Anda melaksanakan investasi dengan belanja template yang berbayar, dikarenakan templateyang berbayar ini umumnya lebih menarik dan tidak pasaran.
Carilah template yang unik, yang lain daripada yang lain. Anda terhitung dapat mengedit template itu, cocok dengan keinginan Anda. Kalaupun terpaksa pakai template yang gratis, carilah yang dapat diedit, supaya Anda tetap dapat berkreasi dengan template tersebut.

2. Berani Bermain Warna
Warna adalah suatu hal yang dapat memperindah. Demikian terhitung dengan template untuk slidepresentasi. Pemilihan dan kombinasi warna yang tepat dapat sebabkan slide presentasi Anda menjadi lebih menarik.

Walaupun Anda pakai template yang umum, namun kecuali Anda dapat memainkan kombinasi warnanya, maka slide presentasi itu dapat nampak lebih indah dan orisinil.
Dalam memilih warna untuk slide presentasi, pilihlah warna yang cocok dengan materi presentasi atau audiens Anda. Jangan lupa untuk memainkan kontrasi, supaya slide presentasi dapat lebih nendang.

3. Pilih Font yang Tepat

Sekarang telah amat banyak pilihan huruf atau font yang dapat Anda pakai untuk slidepresentasi Anda. Pilihlah yang amat cocok dengan presentasi yang Anda bawakan.
Setiap font punya pembawaan masing-masing. Ada font yang nampak tegas, lazim atau pasaran, bahkan ada font yang diakui sebagai suatu hal yang ‘tidak serius’. Font yang kerap diakui sebagai font yang tegas bila Helvetica. Sedangkan font yang diakui ‘tidak serius’ contohnya adalah Comic Sans.

Pemilihan font itu pasti mesti tepat, cocok dengan obyek presentasi, isikan materinya, bahkan terhitung dengan audiens yang menghadiri presentasi tersebut. Apapun pilihan font itu, pastikan bahwa tulisannya dapat terbaca oleh semua audiens, sampai yang duduk di baris paling belakang sekalipun.

4. Tidak Terlalu Banyak Teks
Sering sekali ditemui presentasi yang slidenya dipenuhi dengan tulisan. Malah, ada yang menuliskan semua yang diucapkannya ke di dalam slide presentasinya. Untuk apa?

Hal itu jadi dapat sebabkan audiens jadi bosan. Selain itu, amat banyak postingan di dalam sebuah slide presentasi, dapat sebabkan audiens menjadi tidak fokus memperhatikan pemaparan materi presentasi Anda. Para audiens dapat repot membaca apa yang ada di di dalam slide daripada mendengarkan penjelasan si presenter.

Sedangkan slide dengan sedikit tulisan, justru dapat sebabkan audiens penasaran dan lebih memperhatikan penjelasan Anda untuk meraih penjelasan.
Jika memang banyak poin yang mesti Anda tuliskan, buatlah di dalam sebagian halaman slide.

5. Gunakan Gambar yang Sesuai

Sebuah gambar dapat mengutarakan ribuan makna. Maka berasal dari itu, pakai gambar di dalam slidepresentasi Anda. Dengan gambar yang tepat, maka slide presentasi tersebut dapat menarik perhatian para audiens. Jadi, para audiens dapat jadi penasaran dan jadi mesti untuk memperhatikan paparan presentasi Anda.

Untuk gambar ini, pakai gambar yang punya kekuatan untuk dapat sebabkan audiens makin tertarik dengan materi presentasi yang dapat Anda berikan.

6. Menggunakan Huruf Besar
Sebuah slide presentasi dapat lebih menarik dan menimbulkan rasa penasaran audiens kecuali pakai huruf besar. Saat di dalam satu halaman slide cuma ada satu kata, yang ditulis dengan pakai huruf besar, maka itu dapat sebabkan audiens tertarik dan penasaran.

Jadi, jangan ragu-ragu untuk menukiskan inti perlu yang idamkan Anda sampaikan lewat slidedengan pakai huruf besar.

7. Menggunakan Infografis
Infografis adalah pesan yang disampaikan lewat gambar, bila dengan pakai grafik, tabel, chart, atau gambar-gambar lainnya. Dengan gambar, umumnya sebuah pesan dapat lebih gampang dimengerti, dikarenakan pembawaan otak manusia yang visual.

Jadi, daripada Anda pakai kata-kata untuk menyatakan sebuah pesan, maka dapat lebih baik dan lebih gampang dimengerti ketika Anda mengemukakan pesan tersebut dengan menggambarkannya kepada audiens Anda.

8. Buat Slide yang Menginspirasi
Dari keseluruhan tips sebelumnya, maka kecuali semua itu digabungkan, slide yang Anda bikin haruslah menginspirasi semua audiens yang datang dan mendengarkan Anda. Inspirasi itu kemungkinan dapat lewat gambar, warna, huruf, kata atau kata-kata yang Anda pakai pada slide presentasi Anda.

Jadi, kendati slide presentasi sekedar pendukung, namun mesti dipersiapkan sebaik-baiknya. Tempatkan diri Anda sebagai audiens, slide seperti apa yang dapat sebabkan Anda tertarik untuk memperhatikan presentasi sampai selesai. Selain itu, Anda terhitung dapat bertanya kepada teman-teman atau orang-orang terdekat Anda, lebih-lebih yang cocok dengan calon audiens Anda nantinya.

Membuat slide presentasi yang memukau dapat dipelajari. Anda dapat belajar dengan Presenta Edu, kecuali Anda jadi mesti meraih Info dan pelatihan yang lebih untuk dapat mengemukakan presentasi yang memukau.