5 Hal yang Harus Ada di Rumah Sakit, Genset Salah Satunya

Posted on

Rumah sakit secara umum merupakan suatu organisme kompleks yang menggunakan perpaduan peralatan ilmiah yang rumit dan khusus, yang difungsikan oleh kelompok tenaga terlatih dan terdidik dalam menghadapi masalah-masalah yang berkaitan dengan pengetahuan medik modern untuk tujuan pemulihan dan pemeliharaan kesehatan yang baik .

Menurut Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.1204/Menkes/SK/X/2004 tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit  dinyatakan bahwa rumah sakit merupakan sarana pelayanan kesehatan, tempat berkumpulnya orang sakit maupun orang sehat, atau dapat menjadi tempat penularan penyakit serta memungkinkan terjadinya pencemaran lingkungan dan gangguan kesehatan.

Rumah sakit memiliki peranan yang sangat penting bagi semua orang. Untuk itu, ada banyak hal yang harus diperhatikan dari segi pelayanan sampai sarana dan prasarananya. Berikut adalah hal-hal yang harus ada di rumah sakit yang baik.

  1. Pelayanan yang Baik

Mengingat peran dan fungsi rumah sakit, rumah sakit dituntut untuk memberikan pelayanan yang bermutu sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dan dapat dijangkau seluruh masyarakat. Pelayanan tersebut meliputi kemampuan, kesopanan, sifat dapat dipercaya yang dimiliki oleh para staf, bebas dari bahaya, resiko,dan keragu-raguan.

  1. Peralatan Medis yang Lengkap dan Memadai

Tak cukup hanya dengan pelayanan yang baik, rumah sakit juga harus mempunyai peralatan medis yang lengkap dan memadai. Tapi tidak semua rumah sakit mempunyai peralatan yang lengkap dan memadai. Sebagian besar wilayah Indonesia di luar daerah perkotaan memiliki rumah sakit dengan peralatan medis yang sangat minim.

Akibatnya banyak pasien korban kecelakaan dan pasien penyakit tertentu yang membutuhkan diagnosis akurat sering kali tak tertolong. Salah satu peralatan medis yang penting adalah CT-Scan. CT-Scan berfungsi untuk memotret bagian dalam tubuh manusia dan dapat menghasilkan gambar dengan resolusi tinggi. Lagi-lagi persoalan dana yang kurang, membuat fasilitas ini minim adanya khususnya bagi rumah sakit kecil dan menengah.

  1. Sarana Air yang Bersih

Air merupakan kebutuhan yang harus ada di rumah sakit. Mengingat bahwa rumah sakit merupakan tempat tindakan dan perawatan orang sakit , jadi kualitas dan kuantitas air bersih perlu dipertahankan setiap saat agar tidak mengakibatkan sumber penyakit baru bagi penderita.

  1. Listrik yang Memadai

Sebagian besar peralatan medis dan fasilitas penunjang kesehatan lainnya membutuhkan daya listrik yang besar. Tentunya pihak rumah sakit harus menyediakan berbagai macam persiapan ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.Seperti adanya pemadaman listrik. Kita tidak bisa jika hanya mengandalkan PLN.

Untuk itu genset adalah solusi tepat untuk mengantisapasi pemadaman listrik yang mendadak. Sekarang Anda dapat membeli genset di tempat jual genset surabaya. Rumah sakit juga membutuhkan kapasitas yang lumayan besar. Tapi jangan khawatir karena sudah banyak yang jual genset yanmar  kapasitas 50 kva yang cocok digunakan pada sektor rumah sakit dan itu akan sangat membantu dalam masalah ini.

  1. Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL)

Air limbah rumah sakit merupakan salah satu penyebab pencemaran lingkungan yang sangat potensial. Oleh karena itu, air limbah harus diolah terlebih dahulu sebelum dibuang ke saluran umum. Masalah yang kerap terjadi dalam hal pengelolaan limbah ini adalah terbatasnya dana yang digunakan untuk membangun fasilitas pengolahan limbah yang benar, khususnya untuk rumah sakit yang kecil dan menengah.